Panduan Perawatan Ban Motor Biar Lebih Awet

Comments · 21 Views

Cara merawat ban motor agar tetap awet

Perawatan pada ban sepeda motor butuh dicoba guna membenarkan kenyamanan serta keamanan berkendara tidak tersendat sepanjang ekspedisi. Terdapat sebagian panduan yang dapat dipraktekkan pemilik motor dalam rangka menjaga ban motor sehingga pengalaman berkendara senantiasa maksimal.

Perawatan ban sepeda motor sesungguhnya lumayan simpel serta dapat dicoba secara mandiri. Walaupun begitu, sebagian pemilik motor terdapat yang abai terhadap komponen yang satu ini. Sementara itu melaksanakan perawatan ban motor bisa melindungi kenyamanan dan performa dari sepeda motor itu sendiri.

Kemudian, apa saja yang dapat dicoba dalam rangka menjaga ban sepeda motor? Berikut panduan sepenuhnya.

Cek tampilan luar ban

Bila terdapat keretakan, sobek, kerusakan sebab barang asing, ataupun bergelombang, lekas jalani pergantian ban ke bengkel formal ataupun terpercaya.

Cek umur ban

Pada biasanya umur ban bisa menggapai 5 tahun, tetapi pengendara senantiasa wajib mencermati keadaan ban, terlebih bila pengendara aktif serta teratur memakai sepeda motor, dan banyak melewati jalur yang tidak rata.

Tidak hanya membenarkan tampilan luar ban leluasa dari keretakan, pengendara bisa memandang usia ban dari kode penciptaan yang ada pada bagian samping ban sepeda motor. Terdiri dari kode 4 digit memandang tahun serta pekan pembuatan. Contohnya pada Yamaha Gear ada kode 0422, maksudnya ban tersebut terbuat di pekan ke 4 ataupun bulan Januari tahun 2022.

Cek ketebalan alur ban

Ban memiliki penanda buat menampilkan keausan alur ban( TWI=Tread Wear Indicator) dengan indikator segitiga"▲" pada bilik samping ban. Bila salah satu penanda keausan nampak di permukaan, hingga alur ban nyaris tidak bisa berperan drainase dalam cuaca hujan. Dalam perihal ini, yakinkan buat mengubah ban.

Cek tekanan angin

Mengecek tekanan ban bisa dicoba dalam keadaan dingin dengan memakai perlengkapan cek tekanan ban( tire pressure gauge). Yakinkan tekanan angin ban cocok dimensi serta jenis sepeda motor yang ada pada novel panduan pemilik, contoh pada sepeda motor skutik Yamaha Gear 125, dengan dimensi tekanan standar ban depan 29 Psi serta ban balik 33 Psi. Tekanan hawa ban yang sempurna hendak melindungi kestabilan serta kenyamanan, spesialnya dikala kecepatan besar serta belokan, dan kurangi umur ban.

Pakai ban cocok standar

Senantiasa pakai ban yang cocok dengan saran pabrikan buat menjauhi penyusutan performa sepeda motor yang bisa memunculkan resiko berkendara.

Sesuaikan beban serta kapasitas ban

Cek kapasitas muatan ban sepeda motor saat sebelum berkendara, menghindari terbentuknya kelebihan muatan yang memunculkan resiko bahaya dikala berkendara. Pengendara bisa memandang kapasitas muatan pada ban sepeda motor lewat 3 digit angka sehabis informasi dimensi ban. Kode ini membuktikan batasan kecepatan maksimun serta beban maksimum yang disarankan supaya ban bisa digunakan dengan nyaman.

Comments